Arti dan Perbedaan Physical dengan Social Distancing

A

Sejak 2 tahun terakhir ini Indonesia bahkan satu dunia ini sedang dilanda virus yang cukup berbahaya yakni covid 19. Banyak sekali istilah bermunculan semenjak adanya fenomena ini. Salah satunya ialah physical distancing yang harus diterapkan seketat mungkin. Physical distancing jadi himbauan pemerintah, ini artinya aturan tersebut harus dipatuhi oleh semua masyarakat.

Untuk meminimalisir bahkan mencegah penularan covid 19 maka physical distancing tersebut perlu diterapkan. Lantas, apakah semua orang sudah memahami istilah ini? Sebagian besar masyarakat hanya memahami arti secara bahasa saja dan seringkali tertukar dengan penggunaan istilah social distancing. 

Apa Itu Physical Distancing?

Secara bahasa physical distancing berarti pembatasan fisik. Secara umum istilah ini dapat diartikan sebagai sebuah langkah untuk mencegah penyebaran virus covid 19 dengan membatasi aktivitas serta menjaga jarak saat melakukan aktivitas sosial di luar ruangan. 

Physical distancing jadi himbauan pemerintah, ini artinya setiap masyarakat harus bisa menjaga jarak dan menjauhi kerumunan sehingga penularan covid 19 bisa diminimalisir. Hal ini bahkan dihimbau secara langsung oleh pemerintah Indonesia yang bekerjasama dengan organisasi kesehatan dunia yaitu WHO. 

Ketentuan Physical Distancing

Dalam istilah ini terdapat beberapa ketentuan yang perlu Anda pahami. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk menghindarkan diri dari penularan virus covid 19 tersebut. Aturan tersebut terdiri dari :

  • Tidak pergi ke tempat ramai
  • Menghindari fasilitas dan kendaraan umum 
  • Membatasi kontak langsung dengan orang lain 
  • Menjaga jarak aman minimal 1 meter 

Secara keseluruhan istilah ini perlu diterapkan dengan tujuan untuk membatasi kontak fisik baik secara langsung maupun tidak langsung dengan orang lain. Hal ini tidak berarti melarang Anda untuk sama sekali tidak beraktivitas di luar rumah. Physical distancing jadi himbauan pemerintah, ini artinya Anda tetap bisa beraktivitas namun lebih dibatasi dan perlu lebih berhati-hati.

Apa Bedanya dengan Social Distancing?

Sebelumnya istilah social distancing digunakan untuk menyebut aturan pembatasan jarak dengan orang di sekitar Anda. Namun kemudian WHO mengganti istilah tersebut menjadi physical distancing sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam mengartikan istilah ini. 

Social distancing dikhawatirkan dianggap sebagai istilah untuk memutus komunikasi dan interaksi sosial di tengah masyarakat. Hal ini tentu memberi kesan yang cukup negatif dalam upaya penanganan covid 19 yang justru membutuhkan interaksi yang lebih baik. Oleh karena itu istilah tersebut kemudian diganti dengan physical distancing yang dirasa cukup tepat untuk menamai aturan tersebut. 

Dari penjelasan Navi.id di atas tentu Anda sudah dapat menyimpulkan betapa pentingnya physical dispensing di tengah masyarakat. Penggunaan istilahnya pun harus tepat sehingga bisa berdampak positif. Physical distancing jadi himbauan pemerintah, ini artinya hal ini perlu dipatuhi dan dilaksanakan sebaik mungkin. 

About the author

Autobild
By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.